Tuesday 4 April 2017

Cara Membuat Kalkulator di Appinventor



Cara Membuat Kalkulator di Appinventor

Ok sesuai dengan janji saya saat anda membaca pengertian Appinventor saya berjanji bahwa saya akan memberikan tutorial cara membuat aplikasi android di Appinventor aplikasi pertama adalah cara membuat kalkulator. Berikut ini adalah step-stepnya silahkan anda perhatikan dan lakukan seperti gambar dibawah ini!

Langsung saja kita menuju ke step by stepnya pertama buka situs http://ai2.appinventor.mit.edu/
kemudian click start new project  berikan nama project anda lalu buat interface seperti gambar dibawah ini dengan componet image, button dan label. Tampilan ini merupakan tampilan awal saat apliksi ini dijalankan.


Yang kedua adalah penyusunan blocksnya click pojok kanan atas sebelah design atur block seperti gambar dibawah ini untuk blocksnya berada di layar samping kiri maksud dari blocks tersebuat adalah jika button start di click maka akan masuk ke screen2 tempat aplikasi utama kalkulator jangan lupa untuk memberi nama screen yang dituju di block pink.






Selanjutnya buat screen yang kedua yang merupaka screen utama aplikasi kalkulator dengan component image, button, label dan tablearrangement di bagian layout colom 5 baris 4.





Untuk blocksnya terdapat inisialisasi 3 inisialisasi global yaitu, inisiliasi current, previous dan operator. Dimana inisialisasi current digunakan untuk meng-inisialisasi variabel angka yang di masukkan, sedangkan variabel previous adalah variabel angka setelah kita memasukkan angka baru, sedangkan variabel operator adalah variabel yang menunjukkan operator.

Next, membuat sebuah fungsi agar ketika tombol angka di klik maka akan menampilkan variabel angka.

Setelah itu panggil fungsi tersebut menggunakan fungsi blocks seperti dibawah, lakukan duplicating ( duplikasi ) untuk tombol angka angka lainnya. Tinggal mengubah variabel satu dengan variabel variabel lainnya.

Lalu buat blocks untuk tombol reset dimana fungsinya agar tombol reset dapat bekerja, dimana semua variabel akan di-set ke 0 ( nol ).

Blocks selanjutnya adalah membuat sebuah blocks operator dimana kita akan membuat operator dapat melakukan operasi matematika yaitu pertambahan, pengurangan, pembagian, dan perkalian. Dimana bila dilihat pada blocks dibawah, bahwa ketika fungsi ClickOperationButton  di panggil maka ketika variabel global previous tidak sama dengan 0 maka akan di lakukan pengubahan variabel text pada label menjadi text yang teretera pada operator, ketika kita menekan tombol “+” maka akan tampil di label menjadi “+” yang artinya penjumlahan.


Setelah itu kita tambahkan blocks equal atau sama dengan dimana pada blocks tersebut kita akan melakukan operasi matematika tergantung dari operator mana yang telah pilih sebelumnya. Dimana pada saat kita menekan operator maka operator tersebut akan masuk pada variabel global operator selanjutnya variabel tersebut akan dipanggil pada saat kita menekan tombol “equal”, dimana operasi matematika tergantung variabel operator yang kita gunakan.
Terakhir adalah build apk kemudian test di smartphone android anda.


Sekian tutorial tentang cara membuat aplikasi kalkulator di Appinventor semoga bermanfaat dan selamat mencoba dan nantikan tutorial cara membuat aplikasi android dengan appinventor yang lainnya Coming Soon!
Share:

0 comments:

Post a Comment

Labels

Blog Archive