Saturday 1 April 2017

Konfigurasi Repository Via Localhost dan DVD



Konfigurasi Repository Via Localhost dan DVD


Repository merupakan tempat penyimpanan ratusan aplikasi atau program yang telah diatur sedemikian rupa dan tersedia untuk dapat diakses melalui internet. Namun, repository tidak hanya dapat diakses melalui internet saja tetapi kita juga dapat menggunakan alternatif repository lewat distribusi pada media lain seperti DVD dan juga dapat menggunakan localhost.

Dalam tutorial ini saya akan menampilkan dua cara melakukan repository pada sistem operasi linux ada beberapa cara tetapi cara ini tidak membutuhkan koneksi internet tetapi harus mempunyai CD/DVD Linux.Caranya adalah dengan via localhost atau via DVD Linux, anda sebaiknya jangan menggunakan kedua cara ini secara bersamaan sebaiknya anda pilih salah satu.

Pertama via localhost

Ekstrak DVD/ISO linux debian yang diperlukan ada sepuluh ISO Linux Debian tapi yang biasa dipakai adalah DVD1-3 ke folder installasi xamp htdocs kemudian buat folder misal folder 'debian' DVD1 dan seterusnya.

Buka Xamp Control Panel kemudian start Apache untuk menghubungkan Client ke Server Debian.

 

 Buka Server Debian untuk mengatur repository adalah dengan ketikan nano /etc/apt/sources.list


Kemudian tambahkan deb http://'berupa ip client'/'nama folder penyimpanan ISO yang telah di ekstrak di htdocs' wheezy main contrib dan juga beri tanda # deb cdrom dan deb http://security.debian.org agar repository hanya melalui localhost.Jika sudah ctrl+x kemudian y

Untuk menjalankan repository ketikan perintah apt-get update


Kedua via DVD Linux Debian

Masukkan CD/DVD Linux Debian seperti gambar dibawah ini.


Langkah selanjutnya adalah ketikan apt-cdrom add agar DVD yang telah anda masukkan dapat terhubung dengan Debian.
Setelah itu ketikan nano /etc/apt/sources.list kemudian hilangkan tanda # pada deb cdrom dan berikan tanda # pada selain deb cdrom agar repository hanya melalui cdrom saja.

 Terakhir ketikan perintah apt-get update

Sekian tutorial dari saya tentang cara konfigurasi repository via localhost dan dvd di debian 7 semoga bermanfaat dan pastinya selamat mencoba! Jangan lupa untuk menantikan tutorial menarik yang lainnya dari catatan-pedia dan juga tutorial networking , web design dan android lainnya hanya di catatan-pedia.blogspot.co.id


Share:

0 comments:

Post a Comment

Labels

Blog Archive