Monday 3 April 2017

Cara Konfigurasi Email di Cisco Packet Tracer



Cara Konfigurasi Email di Cisco Packet Tracer
Sebelum anda melihat cara konfigurasi email server di cisco packet tracer alangkah baiknya jika anda mengetahui apa itu email server?
Mail Server atau yang sering disebut juga E-Mail server, digunakan untuk mengirim surat melalui Internet. Dengan begitu, dapat mempermudah dalam penggunanya, karena lebih cepat dan efisien. Untuk membuat Mail Server, harus terdapat SMTP dan POP3 server, yang digunakan untuk mengirim dan menerima E-Mail.

Proses pengiriman eMail bisa terjadi karena adanya SMTP Server (Simple Mail Transfer Protocol). Setelah dikirim, eMail tersebut akan ditampung sementara di POP3 Server (Post Office Protocol ver. 3). Dan ketika user yang mempunyai eMail account tersebut online, mail client akan secara otomatis melakukan sinkronisasi dari POP3 Server. 
OK, pertama buat topologi seperti dibawah ini satu server dengan dua client.
Untuk konfigurasi ip ke client melalui dhcp baca juga cara konfigurasi dhcp di cisco packet tracer
Sebelum melangkah ke konfigurasi email anda harus melakukan konfigurasi dns terlebih dahulu baca juga cara konfigurasi dns di cisco packet tracer

Langkah pertama buka menu services → Email kemudian masukkan nama domain yang telah anda konfigurasi lalau masukkan nama user account emai.


Selanjutnya buka client 1 dan client 2 buka menu Desktop → Email


Kemudian masukk identitas account seperti gambar dibawah ini

PC1


PC2 


Masuk ke Client1 buka dekstop → email → click compose kemudian kirim pesan kepada client2


Kemudian lihat pesan dari client1.


Sekian tutorial dari saya tentang cara konfigurasi Email Server semoga bermanfaat dan pastinya selamat mencoba! Jangan lupa untuk menantikan tutorial menarik yang lainnya dari catatan-pedia dan juga tutorial networking , web design dan android lainnya hanya di catatan-pedia.blogspot.co.id
Share:

1 comments:

Labels

Blog Archive