Wednesday 5 April 2017

Membuat Search Engine dengan PHP Database



Pada tutorial kali saya akan membuat sebuah search engine sederhana dengan bahasa pemrogaman php untuk membuat sebuah search engine.
pertama yang dibutuhkan adalah sebuah database yang mana database merupakan tempat yang berisiakan tabel-table untuk menyimpan data, dari data tersebut kita juga dapat mengakses data tersebut misalnya dengan cara request dengan cara menginputkan sebuah keyword  sehingga data tesebut dapat kita akses

Untuk membuat sebuah database dibutuhkan sebuah aplikasi developer WEB seperti Xamp pada tutorial ini saya akan menggunakan Xamp dikarenakan free dan cukup ringan sehingga cocok dengan laptop saya "Maaf jika saya curhat sedikit" 😊

Untuk software xamp anda bisa download di internet langkah pertama adalaha install aplikasi xamp dahulu lalu buka xamp control panel hidupkan service apache dan mysql. kemudian ketikan localhost atau 127.0.0.1 di browser anda.

Kemudian akan muncul sebuah tampilan xamp dashboard pilih phpmyadmin. Di bagian menu phpmyadmin click new untuk membuat database bar kemudian masukkan nama database anda lalu creat.


masukkan nama tabel dan jumlah colom


Untuk structure dari tabel anda masukkan seperti gambar dibawah ini


Lalu save kemudian masukkan data di menu insert lalu masukkan data  terserah anda

Untuk melihat data yang telah anda masukkan lihat di browse.


langkah selanjutnya adalah pembuatan index.html dan cssnya untuk cssnya lihat di cara membuat layout form search engine

source code index.php


Penjelasan bagian koneksi untuk menghubungkan database anda dengan search engine anda lalu pembuatan variable yang digunakan sebagai keyword pencarian lalu jika keyword yang anda masukkan tidak ada di database anda maka akan muncul 404 Not Found. Tapi jika keyword yang dimasukkan ternyata ada maka keyword itu akan diseleksi apakah ada satu atau ada lebih satu jika sudah maka akan ditampilkan di table.

Sekarang Pengujian

 
Sekian tutorial dari saya tentang cara membuat search engine sederhana semoga bermanfaat dan pastinya selamat mencoba! Jangan lupa untuk menantikan tutorial web design yang lainnya dari catatan-pedia dan juga tutorial networking dan android lainnya hanya di catatan-pedia.blogspot.co.id








Share:

3 comments:

  1. work ,data saat diklik tampil
    tapi ko ga berbentuk table ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf saya ralat

      sebenarnya format index.php bukan index.html

      Delete
  2. Terima kasih atas sharing tutorialnya. Izin copas buat belajar bisa buat search engine nya lewat pencarian dari kata kunci.

    Kunjungi blog saya ya: https://tedsu.mahasiswa.atmaluhur.ac.id
    dan website kampus saya: http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete

Labels

Blog Archive