Thursday 6 April 2017

Cara Konfigurasi SSH di Debian 7



Cara Konfigurasi SSH di Debian 7
 
Pada tutorial selnjutnya adalah tentang cara konfigurasi ssh di debian 7 sebelum anda membaca tutorial tentang konfigurasi shh atau alangkah baiknya jika anda mengetahui
apa itu ssh?

Shh atau singkatan dari secure shell adalah software sebagai yang digunakan untuk melakukan remote host melalui software seperti putty ssh  memiliki arsitektur internal (didefinisikan dalam RFC 4.251) pada lapisan terpisah dengan baik. antara lain :

  1. Lapisan transportasi (RFC 4253). Lapisan ini menangani pertukaran kunci awal dan server otentikasi dan set up enkripsi, kompresi dan integritas verifikasi. 
  2. Lapisan otentikasi pengguna (RFC 4252). Lapisan ini menangani otentikasi klien dan menyediakan sejumlah metode otentikasi. Lapisan ini menyangkut:

    Password yang mana merupakan sebuah metode untuk otentikasi password secara langsung, termasuk fasilitas yang memungkinkan sandi untuk diubah.

    Kunci publik sebuah metode untuk otentikasi berbasis kunci publik, biasanya mendukung setidaknya pasangan kunci DSA atau RSA, pada implementasi lain juga mendukung sertifikat X.509.

    Keyboard-interactive (RFC 4256) sebuah metode serbaguna di mana server akan mengirimkan satu atau lebih prompt untuk memasukkan informasi sehingga klien menampilkannya dan mengirimkan kembali tanggapan oleh pengguna.
Berikut ini adalah step-step nya teman-teman:

Ketikan apt-get install openshh-server paket openssh-server ada di DVD 1


Lalu masuk ke directory tempat penginstallan openssh-server tepatnya ada di /etc/ssh/
nano /etc/ssh/ssh_config


Lalu cari text yang bertuliskan port 21 kemudian ganti port nya menjadi port 1234.


Setelah itu restart konfigurasi ssh dengan cara ketikan
service ssh restart atau /etc/init.d/ssh restart


Setelah konfigurasi selesai tinggal pengujian buka software putty kemudian masukkan ip server dan masukkan port yang telah anda ubah tadi.


Pilih yes.

Lalu login dengan account root dan masukkan password root selesai.


Sekian tutorial dari saya tentang cara konfigurasi ssh atau secure shell di debian 7 semoga bermanfaat dan pastinya selamat mencoba! Jangan lupa untuk menantikan tutorial menarik yang lainnya dari catatan-pedia dan juga tutorial networking , web design dan android lainnya hanya di catatan-pedia.blogspot.co.id
 
Share:

3 comments:

Labels

Blog Archive