Sunday 9 April 2017

Cara Membuat Selector dengan Spinner Control di AppInventor


Cara Membuat Selector dengan Spinner Control di AppInventor


Tutorial Android selanjutnya adalah membuat spinner control di appinventor. Spinner ini digunakan untuk memilih sebuah item semisal sobat mempunyai aplikasi rumah makan pastinya aplikasi sobat akan menawarkan beberapa pilihan menu yang makanan yang pasti lebih dari satu. Untuk itu dibutuhkan sebuat tool untuk memilih item yaitu spinner control.

Langkah pertama adalah buka ai2.appinventor.mit.edu  di browser anda lalu buat project baru dengan nama spinner_selector.


Component yang diperlukan adalah dua spinner dan lima label.
Spinner pertama untuk selector makanan componentnya seperti gambar dibawah ini.


Sedangkan Spinner kedua untuk selector minuman componentnya seperti gambar dibawah ini.


Untuk bagian label ganti tulisan default label seperti gambar yang ada dibawah ini. Untuk label yang memiliki tampilan <Makanan dan Minuman yang dipilih> rename menjadi makanandipilih dan minumandipilih, seperti block yang ada dibawah ini.Sehingga layout dari aplisainya seperti ini.



Agar aplikasi sobat bisa dijalankan sobat harus mengatur block-blocknya dulu, click block samping design, lalu atur seperti gambar dibawah ini.

Jika sobat sudah selesai mengatur block-block aplikasinya sebagai pengganti coding click build apk sobat. kemdudian jalankan di Handphone sobat. Ini adalah tampilan pertama saat aplikasi sobat dijalankan.

Lalu click spinner tersebut maka akan muncul selector seperti gambar dibawah ini!
Selector untuk memilih menu makanan.

Selector untuk memilih minuman.


Sekian tutorial dari saya tentang cara membuat spinner control untuk selector di appnventor semoga bermanfaat dan pastinya selamat mencoba! Jangan lupa untuk menantikan tutorial web design yang lainnya dari catatan-pedia dan juga tutorial photoshop, networking dan android lainnya hanya di catatan-pedia.blogspot.co.id
   
Share:

1 comments:

  1. Thanks infonya gan, sangat bermanfaat dan menambah wawasan saya tentang cara membuat selector dengan spinner control di AppInvetor.
    Jangan lupa kunjugi blog saya https://randi96.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya juga ya http://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete

Labels

Blog Archive