Tuesday 11 April 2017

Cara Melakukan Resize atau Merubah Space Disk Computer Anda


Cara Melakukan Resize atau Merubah Space Disk Computer Anda
 
Pada tutorial selanjutnya ane akan memberitahu cara melakukan resize atau merubah space partisi di computer anda, Dalam kasus ini mungkin hardisk sobat sudah penuh dan sobat tidak tau cara untuk men-backup file-file sobat. Contoh space partisi atau disk yang khusus untuk menyimpan data-data penting tiba-tiba full untuk itu sobat perlu melakukan resize partition dengan cara mengambil ruang atau space di disk yang masih punya cukup ruang atau space ke disk yang sudah mau penuh atau dalam kisah nyata
sudah berwarna merah.

Ok langsung saja ke tutorialnya misalnya ane punya dua disk dan ane ingin me-resize space disk C yang awalnya 4.97 GB ke 6.53 GB dengan cara mengambil ruang di disk E.


Dalam melakukan resize partition ini ane menggunakan aplikasi EasUS Partition Master.

Download Aplikasinya Click Disini.

Ini adalah tampilan saat sobat membuka aplikasi EasUS Partition Master akan ada jumlah dari disk sobat.


Pertama yang harus sobat lakukan adalah merubah space dari disk yang memiliki space yang cukup besar atau disk yang digunakan untuk menyimpan data yang tidak terlalu penting.
Lalu click Resize/Move.


Lalu ubah space nya dengan cara geret kekana atau kekiri seperti gambar dibawah ini menyesuaikan dengan letak dari disk yang akan ditambah dengan sisa disk ini.


Jika sudah maka akan muncul partisi unlocated yang merupakan partisi hasil resize dari partisi E (*Milik Saya.) lalu click Apply untuk menjalankan operasi yang pertama resize disk E. Saran dari ane sebaiknya sobat melakukan setiap step satu-satu saja jangan secara bersamaaan dikhawatirkan akan terjadi error saat process resize berlangsung.


Lalu click yes kemudian tunggu hingga precess resize selesai.


Jika sudah selesai click disk C ane lalu click resize/move.


Lalu tarik sampai full ke arah kanan karena partisi unlocated berada dibawah disk C jika partisi unlocated ada dibawah disk yang akan ditambah space maka tarik kekiri.


Maka spacenya akan berubah tapi ini belum sepenuhnya berubah karena belum diclick apply.


Tunggu hingga precess resize selesai.


Untuk hasilnya sobat bisa lihat di windows explore.


Sekian artikel tentang cara mengubah space disk computer. Semoga bermanfaat untuk kita semua.
Jangan lupa untuk menantikan tutorial menarik yang lainnya dari catatan-pedia dan juga tutorial networking , web design dan android lainnya hanya di catatan-pedia.blogspot.co.id



Share:

0 comments:

Post a Comment

Labels

Blog Archive