Thursday, 6 April 2017

Cara Setup Mikrotik di Virtual Box dan Cara Accessnya



Cara Setup Mikrotik di Virtual Box dan Cara Accessnya

Artikel selanjutnya adalah bagaimana cara setup Mikrotik OS di virtual box selain cara setup saya juga akan memberikan tutorial access mikrotik dengan cara console , winbox dan via web.

Tentang mikrotik , mikrotik saat ini banyak digunakan oleh ISPs, hotspot provider , atau bahkan pemilik caffe . Mikrotik OS router membuat computer terhubung dengan  jaringan secara reliable yang dilengkapi dengan bermacam-macam fitur dan tools baik itu berkabel atau nirkabel.

Cara Access Mikrotik 
  1. Via Console
    mikrotik dapat diakses secara langsung melalui os mikrotik sendiri yang telah di setup selain itu anda juga dapat menggunakan SSH, SSH adalah sebuah aplikasi yang berfungsi meremote suatu server , untuk melakukan mengakses mikrotik via console dengan aplikasi ssh maka anda dapat menggunakan software putty.
  2. Via Winbox
    winbox merupakan sebuah software yang digunakan untuk meremote sebuah router mikrotik. winbox merupakan software yang berbasis GUI untuk melakukan remote ke OS Mikrotik selain tampilan GUI winbox juga mempunyai fasilitas versi CLI atau console.
  3. Via Web
    Jika anda mengakses via web tampilannya akan sama seperti anda mengakses via winbox.
Berikut ini adalah step-step nya untuk setup mikrotik di virtual box.

Pertama click new kemudian isikan nama os router untuk type OS pilih other atau unknown.


Kedua biarkan defautl saja next. Lalu pilih create.


Click os router yang telah anda buat lalu masuk ke menu setting → storage kemudian click icon Iso Kemudian pilih ISO Mikrotik.


Tampilan pertama saat anda pertama kali mengakses mikrotik click 'A' pada keyboard untuk menginstall semua paket yang anda di mikrotik os. lalu tekan 'n' lalu 'y'.


Nonaktifkan icon iso sebelum anda mereboot mikrotik os agar booting tidak ke CD lagi.Jika sudah booting ke hardisk lalu masukkan user addmin dengan password blank.


Langkah selanjtnya adalah setting ip address. sebelum melakukan setting ip address saya akan memberikan contoh cara menambah adapter , pertama shutdown os mikrotik anda. Dengan cara ketikan system shutdown lalu click menu setting kemudian pilih network setelah itu centang enable network adapter. 




Setelah anda selesai menambah adapter langkah berikutnya adalah setting ip address dengan cara ketikan;
    ip address add address=172.168.8.1/24 interface=ether2 #adapter yang baru saja saya tambahkan
    ip address add address=100.100.8.1/29 interface=ether1 



Untuk melihat network interfaces cukup ketikan ip address print 


Lalu konfigurasi gateway, gateway disini adalah ip yang menghubungkan anda dengan internet
 ip route add gateway=172.168.8.1



 Senlanjutnya setting client seperti berikut 



via winbox
buka aplikasi winbox kemudian masukkan ip mikrotik untuk user ketikan admin password blank berikut ini adalah tampilan saat anda mengakses mikrotik via winbox.





via console
buka aplikasi putty kemudian masukkan hostname or ip address merupakan ip mikrotik untu port biarkan default 22 lalu login sebagai admin password blank.





via web
buka web browser kemudian isikan ip mikrotik kemudian login dengan user admin password blank untuk login dengan web browser, browsernya sesuai selera anda bisa dengan firefox maupun dengan google chrome.



Sekian tutorial dari saya tentang cara setup mikrotik, access dan setting gateway semoga bermanfaat dan pastinya selamat mencoba! Jangan lupa untuk menantikan tutorial web design yang lainnya dari catatan-pedia dan juga tutorial networking dan android lainnya hanya di catatan-pedia.blogspot.co.id
   


 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Labels

Blog Archive