Sunday 2 April 2017

Konfigurasi DNS di Cisco Packet Tracer



Konfigurasi DNS di Cisco Packet Tracer

Domain Name System adalah suatu metode untuk meng-konversikan Ip Address (numerik) suatu komputer ke dalam suatu nama domain (alphabetic), ataupun sebaliknya. Dengan adanya DNS Server, kita bisa mengakses halaman situs dari server Debian tersebut hanya dengan mengakses nama Domain-nya, tanpa mengingat Ip Address.


OK,Langsung saja ke step by step nya.Pertama yang harus dilakukan adalah membuat topologi jaringannya terlebih dahulu.
Setelah membuat topologi rancangan jaringannya adalah seperti dibawah ini.

 Masuk ke menu service kemudian pilih DNS atur seperti gambar dibawah ini.

Untuk mengubah content dari web server adalah dengan cara masuk ke menu service kemudian pilih http lalu hapus semua content kecuali index.html lalu click edit.


Buka masing-masing client kemudian pilih Desktop lalu IP Configuration kemudian isikan ip DNS Server pada langkah ini saya menggunakan dhcp sehingga ip dns secara otomatis sudah terkonfigurasi.


Untuk pengujian masuk ke masing-masing client kemudian click desktop kemudian pilih web browser kemudian ketikan nama dns anda.


Sekian tutorial dari saya tentang cara konfigurasi dns di cisco packet tracer semoga bermanfaat dan pastinya selamat mencoba! Jangan lupa untuk menantikan tutorial menarik yang lainnya dari catatan-pedia dan juga tutorial networking , web design dan android lainnya hanya di catatan-pedia.blogspot.co.id
Share:

1 comments:

Labels

Blog Archive