Sunday 2 April 2017

Cara Konfigurasi nat dan Proxy di Mikrotik



 Cara Konfigurasi nat dan Proxy di Mikrotik

Sebelum melakukan konfigurasi proxy alangkah baiknya jika anda membaca terlebih dahulu tentang pengertian firewall, nat dan proxy.
  • Firewall adalah adalah suatu sistem perangkat lunak yang mengizinkan lalu lintas jaringan yang dianggap aman untuk bisa melaluinya dan mencegah lalu lintas jaringan yang dianggap tidak aman. Umumnya, sebuah tembok-api diterapkan dalam sebuah mesin terdedikasi, yang berjalan pada pintu gerbang (gateway) antara jaringan lokal dengan jaringan Internet.
  • Nat pada jaringan komputer, proses Network Address Translation (NAT) adalah proses penulisan ulang (masquerade) pada alamat IP asal (source) dan/atau alamat IP tujuan (destination), setelah melalui router atau firewall. NAT digunakan pada jaringan dengan workstation yang menggunakan IP private supaya dapat terkoneksi ke Internet dengan menggunakan satu atau lebih IP public.
  • Proxy dapat dipahami sebagai pihak ketiga yang berdiri ditengah-tengah antara kedua pihak yang saling berhubungan dan berfungsi sebagai perantara, sedemikian sehingga pihak pertama dan pihak kedua tidak secara langsung berhubungan, akan tetapi masing-masing berhubungan dengan perantara, yaitu proxy. Proxy server mempunyai 3 fungsi utama yaitu Connection Sharing, Filtering dan Caching. Proxy dalam pengertiannya sebagai perantara, bekerja dalam berbagai jenis protokol komunikasi jaringan dan dapat berada pada level-level yang berbeda pada hirarki layer protokol komunikasi jaringan. Suatu perantara dapat saja bekerja pada layer Data-Link, layer Network dan Transport, maupun layer Aplikasi dalam hirarki layer komunikasi jaringan menurut OSI. Namun pengertian proxy server sebagian besar adalah untuk menunjuk suatu server yang bekerja sebagai proxy pada layer Aplikasi, meskipun juga akan dibahas mengenai proxy pada level sirkuit.

Berikut ini langkah-langkahnya:

Setting dahulu Nat dan masukkan situs yang ingin di block.ketikan perintah:
ip firewall nat add chain=dstnat protocol=tcp dst-port=80 action=redirect to-ports=3128 comment="" disabled=no
ip firewall nat add chain=dstnat protocol=tcp dst-port=3128 action=redirect to-ports=3128 comment="" disabled=no

ip firewall nat add chain=dstnat protocol=tcp dst-port=8000 action=redirect to-ports=3128
ip proxy access add dst-host=1cak.com action=deny
ip proxy access add dst-host=www.facebook.com action=deny


Buka winbox masuk ke menu IP → Web Proxy kemudian atur seperti gambar dibawah ini.



Pengujian berikan ip proxy di web browser anda.

Jika muncul text error saat anda membuka situs yang telah anda daftarkan tadi untuk diblock maka sudah berhasil.

                                         
Sekian tutorial dari saya tentang cara konfigurasi nat dan proxy di mikrotik semoga bermanfaat dan pastinya selamat mencoba! Jangan lupa untuk menantikan tutorial menarik yang lainnya dari catatan-pedia dan juga tutorial networking , web design dan android lainnya hanya di catatan-pedia.blogspot.co.id

Share:

0 comments:

Post a Comment

Labels

Blog Archive